Rabu, 21 Agustus 2013

Mari belajar KRS an di Korea!

Halo! Ketemu lagi sama saya.
Iya, saya. Masa sih lupa. Ah suka begitu.

Jadi, beberapa hari belakangan ini, saya lagi sibuk. Sibuk ngapain? Sibuk nonton Good Doctor. Ngga deng, bohong. Tapi ngga bohong-bohong amat sih, soalnya emang lagi ngikutin serial itu juga. Bagus banget jalan ceritanya meskipun... stop stop, cerita Good Doctor nya nanti aja ya. Jadi, kesibukan saya dua hari ini adalah lagi 수강신청 atau dibaca Soogang Sincheong. Apaan tuh soogang sincheong? Kalau diterjemahin, jujur aja saya gak tau. Tapi kalau di Indonesia, ini biasa disebut dengan KRS-an. Alias Kartu Rencana Studi-an. Jadi kayak milih-milih mata kuliah yang buat diambil semester depan gitu.

Waktu soogang sincheong  tampilan website KNU jadi begini..


Kebetulan waktu pertama saya dateng saya di soogang sincheong-in sama Buddy saya. Eh, apa sih itu buddy? Jadi buddy itu, bukan orang yang namanya Budi tapi mau ditulis sok bule. Kayak di film-film bule gitu, buddy kan artinya temen. Pernah denger kan orang bule kalau manggil ke temennya "Hi, Buddy!" nah iya itu sebelas dua belas lah sama itu. Meskipun jujur entah kenapa kata "Hi, buddy" mengingatkan gue sama anjing Golden Retriever yang lucu yang bisa main bola. Yak, jangan salahkan bunda mengandung. Salahkan saja sutradaranya film Airbud yang dulu rutin ditayangin tiap liburan. Skip. Jadi buddy ini lah yang bertugas nemenin saya dan ngajarin saya ini itu tentanng kehidupan kampus maupun hidup di Korea yang cukup beda jauh sama hidup di Indonesia. 

Ttalgi bingsu supergede dari Juri unnie

Nah, disini saya punya buddy yang namanya Jeong Juri. Dia pertama ngontak saya gak lama setelah saya nerima pengumuman kalau saya keterima di KNU ini lewat email. Ya, dia ngasih tau gitu kalau disini saya harus beli blanket harganya sekitar 30 dollar, terus bikin surat keterangan sehat yang harganya sekitar 10 dollar. Dia juga yang nganterin saya ke asrama, ngambil sprei sama kunci asrama sampai dia milihin kelas saya buat Spring semester kemaren. Karena kemaren pas dateng waktu soogang sincheong normalnya udah lewat, jadilah kita harus daftar manual ke masing-masing fakultas tempat kelas yang saya mau. Oh iya, dia juga yang beliin saya ttalgi bingsu alias bingsu stroberi yang porsinya gede banget buat pertama kali. Terus kita komunikasinya pake bahasa apa? Bahasa Inggris. Soalnya bahasa Inggrisnya Juri unnie ini bagus, secara dia juga pernah exchange ke Amerika. Kalau buddy-buddy yang lain gimana? Kalau yang lain sih harusnya pake bahasa Inggris. Tapi kalau kemampuan bahasa Korea mahasiswa exchange nya udah bagus sih nggak jarang mereka pake bahasa Korea. Kayak temen Jepang saya, Moe, yang berkomunikasi sama buddynya pake bahasa Korea. Malah kadangan bahasa Jepang karena buddy nya dia belajar bahasa Jepang gitu..

Khusus buat semester ini, saya harus nge-soogang sincheong sendiri. Soalnya sejak beberapa bulan yang lalu, Juri unnie ini keterima kerja gitu jadi dia ngga usah dateng lagi ke kampus. Saya juga nggak ngerti sih mekanisme lulusnya disini tuh gimana. Sependengaran saya dari Juri unnie itu, dia kemaren ikut wawancara kerja terus diterima. Nah, pas dia udah keterima dia langsung ngehubungin saya gitu.

"Hi! I got the job! So I don't need to go to school anymore!" 

...

Saya juga gak ngerti sih maksudnya gimana. Saya bingung gitu pas nerima Kakaotalk nya itu. Lah, berarti idup saya disini gimana dong... Ntar semester depan gimana dong.... Yah gitu deh, problem kayak gitu sih bukan satu dua kali terjadi di sini. Meanwhile ada buddy yang sangat bertanggung jawab kayak buddy nya Moe (Namanya Ingeon oppa. Gak cuma ngurusin ini itu, tapi dia juga sering ngajak kita jalan kesana kemari!) dan ada juga buddy yang lepas tanggung jawab sama sekali. Padahal mereka dibayar lho, cukup lah buat jajan satu bulan jumlahnya. Misalnya kayak buddynya roommate saya pas liburan ini... ngilang sama sekali. Kalau kata ibu saya mah, sabedug sakali. Bedug aja masih mending sehari lima kali bunyi. Lah ini...

Terus gimana saya ber-soogang sincheong semester ini? 
Sekitar seminggu yang lalu, ada rentang waktu yang namanya 예비수강신청 atau dibaca Yebi Soogang Sincheong. Sejenis pre registration gitu. Yebi itu mungkin singkata dari Yeyak bi alias waktu pemesana. Mesan apa? Es campur? Bukan. Mesen kelas dong. 

Seperti yang udah kita ketahuin kalau internet di Korea itu cepet banget kan. Bisa nyampe 59Mbps kecepatannya. Nah, biar murid-muridnya nggak bingung milih kelas sambil kejar-kejaran sama siswa lain yang koneksinya sama-sama cepet, makanya mereka diizini buat mesen kelas-kelas dulu. Kelas-kelas ini nantinya bakal tersimpan di akun masing-masing siswa.  Biar nanti pas waktu Soogang sincheong nya mereka tinggal memilih atau membatalkan kelas-kelas yang udah dipesen itu. 

Yang atas itu keiisi pas yebi yang bawah itu mata kuliah yang udah dipilih
Kemaren, atas bantuan buddy nya Moe, saya udah nge-yebi empat kelas. Termasuk mata kuliah screen english. Oiya, berhubung bahasa Korea saya masih belum lancar, saya milih kelas-kelas yang di conduct dalam bahasa Inggris. Gimana cara milihnya? Milihnya di mata kuliah yang dikasih keterangan dalam kurung (외국어강의) alias Wegugo kang-eui. Sekedar info, kalau nemu hangul model begini " 외국" itu dibacanya weguk yang artinya asing. Kalau di Indonesia orang asing biasa dipanggil bule, disini dipanggilnya 외국인 atau wegugin alias orang asing. Setelah di yebi-in sama buddy nya Moe, saya agak ga puas gitu. Soalnya mata kuliah Screen English nya itu di conduct  dalam bahasa Korea meskipun film yang mereka tonton nantinya itu film-film Hollywood. Oh iya, Screen English itu mata kuliah yang mempelajari bahasa Inggris dalam layar alias film gitu. Aneh juga sih kenapa kelasnya mesti di conduct dalam bahasa Korea... 

Jadi, gimana strategi nge-soogang sincheong di KNU? ya.... saya sih coba coba klik disana sini aja nyari sebanyak mungkin kelas wegugo kang-eui nanti setelah ketemu kelas-kelasnya itu, kita kan bisa liat silabusnya. Jadi kita bakal tau kira-kira di mata kuliah itu kita bakal belajar apa aja. Nah, kalau kita tertarik tinggal cari tulisan 신청 alias 'pilih' ntar kelas itu pun masuk ke daftar mata kuliah kita. Kalau kuota kelasnya udah abis, biasanya tombol 신청nya berubah dari biru ke abu-abu jadi beku gitu ngga bisa di klik. Kalau gitu udah deh, tungguin aja malem atau besoknya siapa tau ada orang baik hati yang nge cancel  kelas itu. Terus kalau nggak jadi milih gimana? Ngga jadi milih ya gampang, tinggal pilih aja tombol 최소 (chuiso) alias Cancel. Kalau ada mata kuliah yang jam nya bentrok, nanti dia bakal ngasih tau kita, bentrok sama mata kuliah yang mana. Abis itu pinter-pinter kita aja deh ngerancangnya gimana. Nah, kita gaperlu ngeklik Save segala soalnya kalau udah di sincheong  artinya ya udah masuk. Nanti langsung otomatis deh tersusun jadwal kuliahnya berikut 시간표 (sigan pyo) alias time tables nya. Udah deh selesai!

Mata kuliah yang dipilih dan time table nya

Nah, kalau kita tetep ga kebagian kelas gimana? Ya... harus pergi ke office jurusan mata kuliah yang kita pengenin, terus daftar secara manual. Kalau murid Koreanya sih susah kalau mau gini. Tapi mengingat kita sebagai mahasiswa asing, kita dapet keistimewaan ini. Asyik ya? Asyik dong ~

Sampai jumpaaaaah ~ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar