Sabtu, 30 April 2011

gelar bangsawan Eropa

Halo
Jam setengah tiga pagi 
Di Inggris jam berapa ya ?

Ngomong-ngomong Inggris, tadi siang saya nonton full time the Royal Wedding antara Pangeran William dan Miss Kate Middleton. Yap, Kate Middleton cantik banget meskipun menurut saya gaunnya enggak se'wah' yang digembar-gemborkan (soalnya kan sampe dirahasiain segala gitu) tapi mungkin aja itu cerminan puteri Inggris yang sekarang modern gitu ya , jadi gayanya minimalis. Dandanan Kate Middleton juga simpel aja, katanya sih dia dandan sendiri. Sampai rambut-rambutnya juga simpel banget. Saya jadi bingung, apa bedanya dia sama hari-hari biasa aja? Cuma hari ini pakaiannya rada panjang aja terus warnanya putih like an angel. But she's still the beautiful Kate Middleton , kan ? 

Oke, masalah Royal Wedding akan saya bahas di post selanjutnya. Soalnya belum dapet info yang betul-betul menarik nih, disamping Royal Wedding itu sendiri adalah hal yang sangat menarik perhatian dunia. 

Setelah menikah, prince William dan miss Middleton di anugerahi gelar Duke of Cambridge dan Kate dianugerahi gelar Duchess of Cambridge. Nah inilah yang mau saya bahas. Gelar kebangsawanan !

Emperor - Empress

Kalau bahasa Indonesianya, semacam Kaisar lah . Emperor ini dianggap punya kekuasaan yang lebih tinggi daripada Raja ataupun Ratu. Pada awalnya, gelar Emperor atau Empress diberikan untuk pemimpin perang pada zaman Rimawi kuno. Biasanya, seorang Emperor itu memerintah suatu daerah yang memiliki hubungan diplomatik internasional. Misalnya dulu kan kita kenal sama Ottoman Empire (Kekaisaran Ustmani) , Holy Roman Empire, nah itu dikuasai oleh seorang Emperor. Sedangkan istrinya disebut Empress.

Napoleoon Bonaparte, The Emperor of France
 
King - Queen

 Raja atau Ratu adalah orang yang memegang kekuasaan di suatu  monarki, contohnya Inggris. Gelar ini didapatkan dari keturunan Raja-Raja sebelumnya atau bisa juga dengan penggulingan Dinasti gitu. Kekuasaan tertinggi di Inggris dipegang oleh King atau Queen ini. Biasanya gelarnya disingkat HM alias Her Majesty atau His Majesty. Bahasa Indonesianya, yang Mulia

King Henry VIII
Sedangkan untuk Queen sendiri, ada yang disebut dengan Queen Regnant. Queen Regnant ini, contohnya Ratu Elizabeth II , merupakan ratu yang memerintah di suatu monarki. Seorang Queen Regnant ini tidak harus berbagi wilayah kekuasaan dengan suaminya. Suami dari Queen Regnant ini disebut dengan King Consort. Sedangkan istilah Queen Dowager dipergunakan bagi seorang ratu yang telah berstatus janda, yang memerintah suatu monarki. 

Queen Consort merupakan istri seorang Raja yang sedang memerintah. Seperti King Consort, Queen Consort ini juga tidak harus berbagi wilayah kekuasaan dengan suaminya. Namun, pada dasarnya, sebuah monarki yang dipimpin oleh seorang Queen Regnant jarang ada. Contoh King Consort saat ini adalah King Consort Phillip , suami Ratu Elizabeth II. 

Istilah Consort sendiri bisa digunakan oleh para Prince dan Princess. Sebagai contoh, kalau nanti Prince Charles naik tahta jadi Raja, maka predikat istrinya sekarang, Camilla Parker , the Duchess of Cornwall mendapatkan gelar sebagai Queen Consort. Tapi sepertinya gelar ini boleh memilih, karena tersiar kabar bahwa istri pangeran Charles itu nggak mau menerima gelar sebagai Queen Consort melainkan ingin tetap menjadi Princess Consort karena menurutnya gelar Queen Consort itu hanya diberikan kepada HRH Diana, Spencer, Princess of Wales. Contohnya, Marie Aglae, Princess of Liechtenstein.

Queen Regnant Elizabeth II and King Consort Philip, Duke of Edinburg

Viceroy -  Vicereine

Gelar ini, kalau diterjemahkan artinya Raja atau Ratu Muda. Viceroy kalau punya istri, gelar istrinya adalah Vicereine. Viceroy ini merupakan pejabat istana yang diberikan kekuasaan untuk menguasai suatu provinsi, koloni, atau bahkan negara bagian oleh monarki. Intinya, Viceroy atau biasa disebut Viceroyal juga artinya wakilnya Raja.


George Curzon, Viceroy of India
 
Archduke - Archduchess

Archduke ini adalah orang yang memerintah daerah Archducy. Gelar ini hanya dipergunakan di Habsburg atau Habsburg-Lorraine. Artinya mirip-mirip yang mulia lah. Tingkatnya berada dibawah Raja atau Ratu dan diatas Duke. Archduke biasa digunakan di Austria, dan negara-negara seperti Belanda, Luksemburg dan Belgia.

The Archduke Franz Ferdinand

Granduke - Granduchess

Gelar Grand Duke ini biasanya digunakan di negara-negara Eropa Barat, khususnya Jerman. Pada dasarnya, gelar Grand duke ini sama saja dengan gelar pangeran yang diberikan Raja pada anaknya dalam suatu monarki. Daerah yang diperintah oleh Grand Duke ini sendiri dinamakan Grand Ducy. Apabila Grand Duke ini memiliki istri, maka istrinya akan bergelar Grand Duchess.Grand Duke atau Grand Duchess ini juga mendapatkan gelar Royal Highness. Jadi namanya misalnya Her Grand Ducal Highness Princess Alix of Hesse.Nama Grand Duke itu sendiri biasa ditemukan di kekaisaran Rusia.







Grand Duke Henry of Luxembourg
Grand Princes - Grand Princess

Pada abad pertengahan, gelar Grand Princes atau Grand Princess ini digunakan di daerah Slavia dan Baltik, dimana seorang Grand Prince adalah orang yang memerintah suatu konfederasi. Seringkali Grand Prince ini dianggap sebagai Raja. Biasanya, Grand Duke ini adalah gelar yang ditujukan pada anak sulungnya Raja.

Grand Prince Dmitri Donskoi of Moskow

Prince - Princess

Gelar Prince atau Princess ditujukan bagi anak pertamanya Raja atau Ratu. Anak-anaknya para Prince dan Princess ini diberi gelar yang sama, Prince atau Princess.Tapi gelar Pangeran atau Puteri ini bukan hanya bisa diberikan melalui garis keturunan. Gelar Prince atau Princess ini juga bisa diberikan oleh seorang Paus dan Raja-raja di kerajaan sekuler kepada orang-orang yang tidak memiliki garis keturunan kerajaan, namun mereka mengepalai suatu wilayah atau high-rank European families. Seorang Prince ini juga merupakan penguasa pada sebuah daerah yang kekuasaannya tentunya lebih kecil daripada Raja. 

Prince Andrea Casiraghi of Monaco. Isn't he soooooooo adorable?


Duke -  Duchess

Duke merupakan gelar tertinggi dari lima tingkat gelar dalam kebangsawanan Inggris. Jika seorang duke juga merupakan anggota angkatan bersenjata, pendeta atau duta besar, pangkat atau jabatan mereka mendahului gelar kebangsawanannya. Misalnya, "Major-General Duke of ...". Istri dari seorang duke selalu disebut duchess, atau Duchess X ketika diperkenalkan. Contohnya Duke dan Duchess ini ya adalah our new Duke and Duchess, Duke and Duchess of Cambridge

Duke and Duchess of Windsor

Infante - Infanta

Infante atau Infanta adalah gelar yang diberikan kepada anaknya Ratu atau Raja, di kerajaan Spanyol. Infante atau Infanta menunjukkan gelar anaknya Raja atau Ratu yang tidak mewarisi tahta kerajaan. Infante ini juga hanya diberikan kepada keturunan Raja yang berada di dalam garis laki-laki. Misalnya, ketika anak seorang raja menikah, maka istrinya akan mendapatkan gelar sebagai Infanta. Namun kalau anak perempuannya raja yang menikah, suaminya tidak serta merta mendapatkan gelar Infante.


Infanta Elena, Duchess of Lugo

Marquess - Marchioness

Marquess atau Marchioness adalah gelar yang berada dibawah Duke dan diatas Earl. Biasanya, gelar Marquess diberikan kepada anak pertamanya Duke. Sedangkan anak kedua dan ketiganya disebut dengan panggilan Lord atau Lady saja.Perbedaan Marquess dan Earl adalah, seorang Marquess biasanya punya daerah yang dinamakan County , yang terletak di daerah-daerah perbatasan. Makanya, seorang Marquess ditugaskan untuk menjaga dan membentengi kerajaan. Marquess ini juga disebut sebagai Margrave. Seorang Marquess ini bisa memiliki daerah kekuasaan yang lebih luas daripada Lord yang lainnya karena dia bisa melakukan ekspansi. Pada zaman dahulu bahkan seorang Marquess memiliki kekuasaan yang lebih besar daripada seorang Raja.

Marquess of Milford Haven

Earl - Count/Countess

Gelar Earl berada di bawah gelar Marquess. Karena nggak ada Earlness makanya  istri seorang Earl biasa dikenal dengan sebutan Countess. Anak pertamanya  Earl ini sendiri disebut dengan panggilan The Honorable yang dilanjutkan dengan nama depannya kemudian nama keluarganya, dan anak selanjutnya biasa dipanggil dengan Lady, diikuti nama depan kemudian nama keluarganya. Misalnya Lady Diana Spencer. Tanahnya Earl ini sendiri diberi nama Earldoms atau Shire. Earl ini juga merupakan gelar yang diberikan bagi anak sulungnya seorang Duke.

Earl Spencer , adik Lady Diana

Seorang Count sendiri tidak harus merupakan keturunannya Raja. Gelar Count atau Countess pun bisa diberikan kepada seorang tuan tanah yang daerahnya sangat luas. Gelar Count sendiri juga bisa diberikan kepada seseorang yang telah melayani kerajaan, tanpa harus ada nama daerah yang dikuasainya. Daerah penguasaan yang tercantum pada gelar itu contohnya, pangeran William kan gelarnya Duke of Cambridge, berarti dia menguasai wilayah Cambridge. Nah gelar Count ini nggak perlu mencantumkan nama daerahnya segala.
Countess and Count De Lesseps

Viscount - Viscountess

Gelar Viscount dan Viscountess ini berada dibawah gelar Earl. Pada awalnya, gelar Viscount diberikan oleh Raja bukan dari keturunan. Anaknya pertama Viscount ini dipanggil dengan gelar The Honorable juga , dan adik-adiknya dipanggil dengan gelar Lord atau Lady. Tapi terkadang , gelar Viscount ini juga diberikan buat ahli warisnya Earl dan Marquess. Gelar Viscount juga bisa digunakan ketika anaknya Marquess bergelar Earl of Salisbury, maka anaknya si Earl, biar namanya bukan Earl of Salisbury juga (kan ngga mungkin kalau gelarnya sama) maka dikasihlah gelar Viscount itu buat anaknya si Earl.Contohnya Viscount Macmillan of Ovenden.
Jose Paranho, Viscount of Rio Branco

Baron - Baroness

Gelar Baron adalah  gelar yang diberikan bagi orang biasa yang berhasil membebaskan suatu wilayah. Awalnya, Raja William I memperkenalkan istilah Baron bagi orang yang telah berjanji setia kepadanya. Para Baron ini awalnya mendapatkan tanah jajahannya dengan cara-cara militer. Istilah Baron juga digunakan bagi anak sulung dari seorang Viscount. Seorang Baron atau Baroness juga dapat dipanggil dengan My Lord, Your Lordship atau Your Ladyship tapi bukan dengan panggilan My Lady. Suami seorang Baroness tidak memiliki gelar apa-apa, namun kalau mereka punya anak, anak-anak mereka akan menggunakan gelar Honorable. Kalau di Skotlandia, seorang Baron ini dipanggil dengan gelar Coronet.

Sophie Eugenie, Baroness of Gut
Baronet -  Baronettes

Adalah gelar yang diberikan oleh Raja kepada orang biasa , atau biasa disebut commoners seperti pangkat Sir pada Sir Alex Ferguson atau Sir Rowan Atkinson. Baronettes biasa disebut dengan istilah Dame, dan kalau sudah menikah panggilannya jadi Lady. Contoh seorang Baronettes adalah Dame Eleanor Dalyell 10th ,Btts. Apabila orang itu seorang Baron, maka nama nya akn ditambahkan Bt di belakangnya atau Btts bagi Baronettes. Sejenis gelar Sarjana Hukum buat orang, kan dibelakangnya dikasi misalnya Aryana S.H , nah kalo Baron atau Baronettes itu jadi Lady Aryana Ferguson, 10 th Btts.Sir Humprhy Davy, 1st Bt - seorang ahli kimia atau Sir Dennis Thatcher 1st Bt - yang merupakan suami dari Margareth Thatcher - Perdana Menteri wanita di Inggris yang dikenal dengan sebutan wanita besi.

Sir Humphry Davy 1st Baronet


Nobile, Edler, Ritter

Nobile , atau biasa disingkat Nob. setelah nama keluarga, adalah gelar diantara Baron dan Knight. Istilah Nobile ini artinya adalah yang mulia juga. Istilah Nobile ini sebenarnya hampir sama dengan istilah Baron di Inggris. Namun, di Italia, enggak dikenal dengan istilah Nobile ini. Contohnya Nobile adalah 

Edler Von adalah gelar yang dipergunakan di Austria dan Jerman bagi pegawai Sipil atau bagi perwira. Edler Von ini menunjukkan gelar kebangsawanan tanpa tanah kekuasaan. Contohnya, Edler Von Webenau.

Ritter adalah gelar yang hampir sama dengan Baron yang digunakan di Jerman. Seperti Edler, gelar Ritter juga memakai tambahan Von di belakangnya. Arti von sendiri merupakan 'dari'.

Admiral Franz Ritter Von Hipper
Amerling Eduard Edler Von Mosel

Knight - Dame

Knight adalah gelar paling dasar dari suatu sistem aristokrat. Knight juga merupakan orang yang ikut perang pada abad pertangahan. Jadi gelarnya kaya 'pahlawan' gitu lah . Sedangkan Knight yang cewek, disebut juga dengan sebutan Dame. Tapi di abad ke 17 , gelar Dame berubah menjadi Lady. Dan nggak mesti orang yang ikut perang yang dapat gelar ini. Bisa juga artis dan sebagainya

Dame Helen Miren

sumber : en.wikipedia




9 komentar:

  1. mau tanya dongg .. kok aku cek di web dan gambar gambar , suaminya queen elizabeth II ini ga pernah dipanggil dengan sebutan king philip , tapi tetep disebut prince philip ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku soalnya King itu pangkat tertinggi dalam suatu kedudukan, seorang King bisa ngasih gelar Queen ke istrinya, tapi seorang Queen nggak bisa ngasih gelar King ke suaminya. Kenapa? Karena kalau dikasih, dia jadi pemegang kekuasaan di istana, otoritasnya jadi lebih besar daripada si Queen nya sendiri sementara sang pewaris tahta (secara garis keturunan) adalah Queen nya. Kira kira gitu :)

      Hapus
  2. Dikatakan kalau anak pertama Duke mendapat gelar Marquess, itu untuk laki-laki kan? Bagaimana kalau anak pertamanya perempuan? Apakah menggunakan Marchioness?

    BalasHapus
  3. Semisal anak pertama Duke itu perempuan, gelarnya marchioness kah?

    BalasHapus
  4. kalau seorang bangsawan (duke/earl/dsb) meninggal dan hanya mempunyai anak perempuan, apa si anak perempuan mewarisi gelar ayahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setauku si ya.. Misal ayahnya punya gelar Duke jika anak pertamanya laki" ya gelarnya Marquess kalo perempuan Marchioness. Gelar itu buat anak pertama. Kalo punya anak ke dua ketiga sebutannya beda lagi ya Lord sama Lady. Di keterangan marquess kan ada

      Hapus
  5. Apakah anaknya earl bisa jadi earl (mewarisi gelar) juga kalau ayahnya meninggal?

    BalasHapus