Sabtu, 17 Agustus 2013

Living my South Korean Life (Part 2)

Mumpung lagi semangat nulis, gak apa-apa ya kalau ngepost lagi. Hehe. 

Hal lain yang sering ditanyain adalah proses belajarnya. Susah enggak? Dibilang susah, enggak kok. Tapi ya nggak gampang-gampang banget.

Jurusan saya di Undip dulu itu Business Administration. Meskipun di KNU juga ada jurusan tersebut, tapi saya mendaftar di jurusan International Trade dan Tourism Management. Kenapa? Ya soalnya saya suka aja sama dua bidang itu dan pikiran saya saya kan udah punya dasar juga di bidang bisnis. Sebetulnya kalau saya mau daftar Game Engineering atau Ballet juga bisa sih, tapi gile loh, banting setir banget dong jadinya.  Dan saya keterima di jurusan International Trade atau Kukje Muyeok Hagwa (국제무역학과) di Fakultas Ekonomi KNU. Terus kalau boleh bangga, disini jurusan ekonomi sama bisnis itu termasuk jurusan yang cukup wow. Apalagi International Trade. Hehehe. Reaksi orang sini waktu saya bilang jurusan saya International Trade itu mirip reaksi orang di Indonesia kalau kenalan sama orang dari jurusan Kedokteran. Muahaha. 

Suasana ruang kelas

Sebelum kesini, saya pernah belajar bahasa Korea selama kurang lebih enam bulan di Indonesia, secara mandiri. Meskipun saya lumayan bisa basic-basic nya, tapi saya nggak seberani itu buat ngambil kelas yang diajar pake bahasa korea. Jadi saya minta list dari International Office nya KNU mengenai kelas-kelas yang diconduct dalam bahasa Inggris. Dari jurusan saya sendiri, kelas yang begitu ga banyak. Jadi supaya nggak jadi pengangguran, saya ngambil kelas di fakultas lain misalnya fakultas Humanities atau Language College. Belajar bahasa Inggris sama bahasa Korea. Bisa kok, bisa. Nah, yaudah deh, dari situ saya belajar pake bahasa Inggris. Terus di kelas-kelas itu juga banyak mahasiswa exchange nya kayak saya. Jadi gausah khawatir. Belajarnya kayak gimana? Ya sama aja kayak kuliah di Indonesia. Ada dosennya, ada mahasiswanya. Terus dengerin dosennya ngomong deh. Kalau ada yang penting dicatet, kalau ngga ada yaudah diem aja, jangan ngobrol. Kayak yang saya bilang, karena banyak mahasiswa dari berbagai negara, jadi kita harus hati-hati sama kelakuan dan omongan kita. Gimanapun, secara langsung kita merepresentasikan Indonesia di hadapan mereka semua kan. Terus kalau ditanya dosen, jawab, jangan bengong. Biar bahasa Inggris nya berantakan juga gapapa asal ngomong dan sesuai topik. Jangan ang-eng-ang-eng doang yah. 

Sama temen-temen dari kelas Northeast Asia Economy

Terus, gitu doang? Ya enggak. Selayaknya kuliah di Indonesia. Ada presentasi, ada tugas kelompok, ada tugas juga. Nggak susah-susah banget kok. Tergantung kelas nya sih. Nah, kalau udah setengah semester belajar, ketemu deh tuh sama yang namanya UTS. Kalau udah satu semester ketemuanya UAS. Ujiannya kayak gimana? Macem-macem. Terserah dosennya. Dulu sih di kelas Conversation saya diajak ngobrol sama dosennya yang orang Kanada. Di kelas Business English saya disuruh ngelengkapin surat-surat bisnis. Di kelas lain saya disuruh nulis essay.. ya gitu. Tenang aja, exchange student biasanya dapet keistimewaan kok. Enak kan jadi exchange student? Enak laaaah ~

Dosen disini sebagian ada yang orang Korea asli, ada juga dosen dari negara lain. Kelas English Composition saya dosennya dari Amerika, dan kelas Conversation saya dosennya dari Kanada. Sementara kelas-kelas yang lain, dosennya rata-rata lulusan Amerika yang bahasa Inggrisnya udah fluent. Bahkan salah satu dosen saya ada yang pernah kerja di PBB. Namanya Profesor Cho Myung-soo. Keren kan. 

Nah, yang paling menarik itu menurut saya disini murid-muridnya itu super kompetitif. Kalau musim ujian perpustakaan utama pasti penuh. Sampe pada bawa blanket, sikat gigi plus pasta gigi sama slippernya. Iya, mereka nginep disana buat belajar. Saya juga bingung sih yang mereka pelajarin tuh apa. Kata roommate saya, pas musim ujian mereka berlomba-lomba buat dateng pagi supaya dapet meja. Dan disini perpusnya keren, selalu buka 24 jam. Pokoknya bener-bener mendukung buat belajar. 

Suasan perpustakaan utama, hari Minggu. 


Eh terus, kalau ujian mahasiswanya ada yang nyontek nggak? Ada. Hahaha. Yang pernah saya liat sih nyonteknya bikin catetan kecil atau bikin catetan di meja. Kalau nyonteknya nanya ke temen sih saya gatau, soalnya belum pernah liat. 

Nah, kalau udah selesai ujian, ntar kan dapet nilai. Nilainya itu bisa diliat di website universitas. Kalau di KNU namanya KNU Portal. Kita masukin student number sama password, ntar kebuka deh akun kita. Akun ini bisa dipake buat liat nilai, atau juga milih kelas pas awal semester gitu. Bisa juga liat time table jam kuliah kita. Oiya, kata temen saya, disini kalau lagi waktunya 수강신청 atau Sugang Sincheong - kalo di Indonesia namnay input KRS nya udah kayak perang. Iyalah, dengan koneksi masing-masing 59 Mbps gimana kelas ngga abis dalam itungan menit. Makanya, orang sini lebih milih buat KRS an di PC Bang alias warnet. Di warnet kan sering dipake orang sini buat main game, otomatis cepet dong koneksinya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar