Rabu, 21 Agustus 2013

Bonjour, Petite France!

Alo!

Ini saya lagi! Hehe.

Kali ini giliran saya cerita tentang jalan-jalan ke Petite France. Loh, kok ke Perancis? Emangnya mau ngapain ke Perancis? Sabar, sabar. Nggak kok, saya tetep jadi exchange student yang baik dan teladan di KNU. Saya cuma jalan-jalan aja. Jalan-jalannya ke Perancis? Amin, tapi bukan.

Petite France itu nama tempat yang ada di Gapyeong, Gyeonggi-do. Meskipun udah beda provinsi dari tempat saya menetap alias Kangwon-do, Chuncheon, Gapyeong ini letaknya nggak jauh kok. Stasiun ke lima kalau naiknya dari stasiun terdekat dari asrama saya, stasiun Namchuncheon. Kalau dari Seoul lumayan sih, harus naik subway ke Sangbong dulu terus nyambung naik Gyeongchun-seon atau Gyeongchun line (di peta subway biasanya warnanya biru aqua, mirip Gyeongeui atau Jungang line) nyampe Gapyeong. Sekedar informasi, di Gapyeong ini lumayan banyak tempat wisatanya. Yang paling terkenal tentulah Nami Island. Ngga tau Nami Island? Makanya, nonton dong drama Korea.


stasiun Gapyeong

Nami Island, atau Nami-seom adalah pulau yang dijadiin lokasi syutingnya drama hit jaman ibu saya dulu yang judulnya Winter Sonata. Saya nggak nonton drama ini bener-bener sih, tapi katanya drama ini hit banget. Khususnya di Jepang. Bahkan di Jepang kalau ga salah dramanya di remake lagi saking suksesnya. Biasanya kan Korea yang ngeremake drama Jepang, tapi sekarang gantian.

Nah, Nami Islandnya ntar aja ya ceritanya di post yang lain. Sekarang cerita tentang Petite France dulu. Oh iya, tapi kalau mau ke Nami Island terus sekalian ke Nami Island sih bisa. Ngehemat ongkos juga kan daripada bolak-balik ke Gapyeong. Apalagi di Gapyeong juga ada satu tempat syuting yang lumayan cering dipake. Namanya Jade Garden Arboretum. Tempat syuting apa? Setau saya sih That Winter the Wind Blows sama Love Rain. Tapi saya belum pernah kesana. Ntar deh saya ceritain ya kalo udah kesana.

Pemandangan sekitar Gapyeong dari subway. Kalau udah nemu ini, siap siap turun!
Gimana caranya ke Petite France? Gampang. Naik subway dulu aja, sampe stasiun Gapyeong di Gyeongchun line. Ntar turun, keluar dari stasiun ada Tourist Information gitu. Disitu bisa ngambil brosur tempat wisata yang ada di sekitar Gapyeong. Oh iya, disini biasanya brosur disediain dalam 4 bahasa. Korea, Inggris, Cina sama Jepang. Maklum, mayoritas turis yang kesini itu biasanya dari Cina atau Jepang. Nah, di Tourist Information Center itu tanya-tanya atau tunggu aja busnya. Meskipun ada halte, jangan nyebrang. Soalnya busnya ntar berhenti pas di depan Tourist Information Center. Dulu pas saya kesana ada bapak-bapak yang nyaranin saya buat naik taksi aja. Tapi saya ga percaya, soalnya di panduan yang saya punya ntar juga ada shuttle busnya lewat. Untung aja saya nggak ikutin saran bapaknya. Kenapa? Soalnya jarak dari stasiun Gapyeong ke Petite France itu lumayan jauh. Sekitar 30 menit. Jalannya berkelok-kelok persis di puncak. Bikin pusing, jelas. Apalagi bus di Korea itu rata-rata ngga sebagus bus di Indonesia. Jadi yang suka mabok bus, siap-siap anti mabuk aja ya. Tapi pemandangannya lumayan bagus kok. Di sepanjang perjalanan, ada tour guide yang ngejelasin pake bahasa Korea, kadangan pake bahasa Inggris meskipun kebanyakan pake bahasa Korea. Dia bilang kita ngelewatin rumah artis, tapi gatau artisnya siapa. Saya ngga begitu kedengeran. Tapi orang-orang Koreanya langsung excited gitu bilang "woow..." ya saya ikutan aja bilang "wow..." padahal gatau rumahnya yang mana.

Shuttle bus nya ini beroperasi sekitar 1 jam sekali. Busnya warna merah, tiketnya harganya 5000 won buat seharian. Shuttle bus nya itu nanti berhenti di Nami Island, Petite France, Jade Graden sama Garden of Morning Calm. Kalau cukup waktunya sih enakan dijabanin semua ya. Tapi sayangnya bus nya paling akhir itu jam 5 sore. Padahal Petite France nya aja beroperasi sampai jam 8 malem.

Bonjour! Bonjour!

Emang ada apa sih di Petite France? Ada banyak. Yang pasti ya tempat foto-foto buat pamer. Haha. Bangunan di Petite France di desain ala-ala Perancis gitu. Susah sih ngejelasinnya. Liat fotonya aja yah di bawah.

selamat datang di Petite France!
Terus itu di dalem rumah-rumahnya ada apa aja? Macem-macem. Ada kayak pameran lukisan gitu, atau ada galeri suvenir. Guest house sama convention center pun ada, meskipun nggak gede. Loh, emang ada yang nginep disana? Ada kali. Tapi kemaren saya sih ga ketemu. Cuma sempet liat kamar-kamarnya aja pas lagi foto-foto. Jadi intinya, ga semua bangunannya bisa dimasukin. Tapi mostly sih bisa kok. Tenang-tenang.

Running Man episode 40 Taecyeon- Nickhun


edit- kedua kalinya ke Petite France, ambil scene ini. 

Kenapa Petite France? Soalnya, buat pecinta drama Korea macem saya, ini tempat yang berulang kali dijadiin tempat syuting. Mulai dari Secret Garden (episode awal, tempat ketemunya si Joowon sama Raim pertama kali. Itu lho, pas Raim nya jadi stunt-woman yang pake baju item-item), Beethoven Virus, Monstar (ini dikit doang sih, adegan pas si Seyi sama ibunya ceritanya masih di New Zealand. Itu syutingnya di Petite France kok) sampe variety shows. Tau Running Man dong? Petite France ini muncul jadi venue pas bintang tamunya Nickhun sama Taecyeon 2PM di episode 40. Ada juga SNSD di variety show "Intimate Note". Selain itu, tempatnya juga memang bagus banget buat foto-foto. Terutama ya gara gara bangunan berkonsep ala Perancis nya gitu sih ya. Warna-warni lagi, pas banget buat ditangkep kamera. Jadi, Petite France ini salah satu tempat yang harus dikunjungin kalau ke Korea karena jatuh cinta sama drama-dramanya. Lumayan kan, bisa sok-sokan foto bergaya ala drama korea gitu.

SNSD Intimate Note
Nah, kalau di Running Man episode 40 itu kan ceritanya banyak orang yang berlalu lalang pake kostum ala-ala Eropa gitu ya? Iya! Disini juga disewain. Bagus-bagus kostumnya. Ada kostum pangeran gitu, pelayan, sampe kostum Snow White. Kalau mau sewa, harga sewanya itu 10 ribu won buat 30 menit. Sebentar sih ya, lumayan mahal lagi. Tapi supaya di foto keliatan makin bagus, kenapa enggak ? Sayang kemaren pas saya kesana sama Umi, kita lagi kere-kerenya, makanya ngga sewa kostum. Ntar paling kesana lagi, harus sewa kostum yang keren!

Ga bisa sembarangan pake, ada CCTV nya

Di salah satu bangunannya, ada rumah yang di desain ala-ala Eropa gitu. Ada ruang tamunya, ada pianonya, ada juga piring-piring bermotif cantik yang ditempel di dindingnya. Disitu juga ada macem-macem topi unik yang bisa kita pake buat foto-foto gitu. Topi ala ratu Elizabeth gitu deh, keren-keren. Di dalamnya juga ada kamar tidur, sampe kamar mandi ala Perancis. Ada bath tub nya gitu. Ya tentu aja ini kamar mandi boongan, gabisa dipake mandi. Lagian ruangannya serem. Masa lampunya warna merah gitu. Horor abis. Oh iya, ini namanya French Traditional House Gallery.

Ini rumah-rumahannya.. ada satu scene Monstar juga diambil disini

Meskipun saya nggak ke restoran-restorannya, tapi ada beberapa restoran yang bisa dikunjungin di area Petite France ini. Ada Live music nya juga. Terus di restoran itu didekorasi sama orang-orang terkenal yang pernah ngunjungin Petite France. Banyak banget loh. Dinding nya sampe penuh gitu. Di bawahnya, ada tempat yang dibilang sebagai lokasi syutingnya drama Beethoven Virus. Karena saya belum pernah nonton dramanya, jadi saya gatau dekorasinya bener-bener mirip apa engga. 

Katanya ini tempat syutingnya Beethoven Virus

Yang ngga kalah menariknya, ada Fountain Plaza. Ada air mancur yang dikelilingin sama dekorasi yang Eropa banget. Menurut saya, ini adalah tempat yang paling kerasa suasana Perancisnya. Harus, kudu, wajib buat foto-foto disini, kayak saya. Hahaha. Dan di deket situ, ada juga tempat yang namanya Outdoor Theater. Kalau pernah nonton Running Man yang episode 40 itu, pasti hafal deh sama teater ini. Bentuknya setengah lingkaran gitu, ditengahnya ada tempat pertunjukan. Kalau di Running Man tempat ini keliatan gede... tapi ternyata aslinya ngga juga. Pas kita dateng, sayangnya lagi ga ada performance apa-apa. Kalau dari brosurnya sih, biasanya suka ada penampilan kayak Magic Mime, Guignol; French Puppet show, Marionette Play, Music  sampe Orgel Performance. Seru ya kayaknya... 

Ini outdoor theater, banyak ke shoot pas Running Man
Fountain Plaza!

Terakhir, ada juga Antique Gallery yang tergubung langsung sama House of European French Miniature Village  gitu. Isinya barang-barang antik sama boneka gitu. Mulai dari boneka yang lucu sampe yang serem ada. Kayak boneka penyihir gitu pokoknya. Disitu ada lemari yang isinya miniatur menara Eiffel dengan macem-macem ukuran. Ada juga baju zirahnya ksatria gitu kayak yang ada di film-film. Sampe ada pot susu yang sering jadi dekorasi film-film Eropa gitu. Secara dekorasi emang udah Perancis banget sih, yang kurang.... ya kurang banyak bule. Hahaha. Banyaknya turis dari Jepang atau Cina sih..

Baju zirah

Boneka boneka penyihir. Hihihi.


Gampang lagi cara dateng kesini. Kayak yang udah saya bilang tadi, Cari Gyeongchun line ke arah Chuncheon, turun di Gapyeong. Abis itu naik Shuttle bus  udah nyampe deh!

Bonus foto sama ade lucu yang ketemu disana. Kyaaaakk

P.S : Bulan Oktober saya balik lagi kesini, lewat jalur yang beda. Bisa juga berhenti di Cheongpyeong stasiun dan naik bus biasa yang absolutely lebih murah. Cuma sekitar 1200 won an. Pintu keluarnya ada dua, kalau dari arah Chuncheon, ambil yang kiri.. Kalau dari Seoul mungkin sebaliknya. Tapi saya ngga yakin juga sih... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar