Sabtu, 17 Agustus 2013

Living my South Korean Life (Part 1)

Jadi, setelah lebih dari setengah tahun menetap di negeri orang, saya baru ngisi blog ini lagi. Maaf yah. 

Negara orang tempat saya tinggal sekarang ini namanya Korea. Korea Selatan tepatnya. Atau orang sini biasa manggil Daehan Minkuk (대한민국) alias Republik Korea kurang lebih. Mudah-mudahan itu bisa ngejawab kenapa pas ada pertandingan antar negaram mereka ngga ber-yel-yel "Soooouth Korea prok prok prok prok" melainkan "Daeeeehan Minkuk prok prok prok prok". Oh iya, sekedar informasi, yel-yel barusan nadanya sama kayak yel-yel Indonesia kalau lagi ada pertandingan bola. "Iiiindonesia prok prok prok prok" Pokoknya gitu deh, kebayang kan. 

Jadi kalau ditanya dalam rangka apa saya bisa kesini, jawabannya karena saya lagi pertukaran pelajar. Kok bisa? Ya bisa dong, gue gitu. Hehe. Nggak kok, bercanda. Jawabannya ya karena Undip sama Kangwon National University (KNU) lagi ngadain kerja sama dalam bidang pertukaran pelajar. Terus saya apply, seleksi berkas dan wawancara, jeng jeng... keterima deh. Meskipun prosesnya cukup panjang dan melelahkan. 

Nah, perjalanan saya dapet beasiswanya itu kan udah pernah ditulis di post sebelumnya, jadi saya nggak perlu cerita lagi ya. Saya dapet kesempatan untuk jadi mahasiswa exchane di KNU selama 2 semester, atau kurang lebih 10 bulan. Buat spring dan fall semester nanti. 

Terus terus, itu programnya gratis engga? Gratis dong, gue gitu. Hehe, bercanda lagi kok, tenang-tenang. Jadi pertukaran pelajar itu ada banyak macemnya. Kayak beasiswa, ada yang full scholarship, ada yang partial scholarship, ada juga bursaries dan lain sebagainya. Nah, kalau program yang saya dapet ini namanya Global Korean Scholarship alias GKS (sebelas duabelas sama KGSP lah) dimana saya nggak perlu ngeluarin biaya apapun. Mulai dari tuition fee, tiket pesawat, asuransi kesehatan, living cost sampai dapet settlement allowance. Tapi kalo biaya buat bikin visa sih tetep keluar ~

Terus tinggalnya dimana? Makannya gimana? Saya tinggal di salah satu asrama yang disediakan sama pihak KNU. Beruntung saya dapet asrama BTL, kata temen saya, BTL ini asrama paling bagus. Kayak hotel di dalem kampus. Setiap semesternya, saya harus ngeluarin sekitar 450 ribu won (kurs KRW-IDR itu sekitar 8-9 komaan, jadi buletin aja dikali 10 ya) kira-kira 4,5 juta rupiah lah. Loh, kok ngga gratis? Iya dong, gue git... eh ngga, maksudnya, biaya asrama itu kan termasuk biaya yang harus dikeluarin buat living, ya jadi itu udah termasuk living cost yang dikasih ke saya. Kayak bayar kos lah gitu. Tapi jumlahnya cukup? Ya cukup. Buat kampus saya, yang letaknya bukan di Seoul sih masih murah... jadi ya cukup-cukup aja. Kalau universitasnya di Seoul yah bisa sejutaan buat asrama doang. Apalagi, beasiswa saya juga jumlahnya lumayan. Kalau bisa nabung ntar balik-balik bisa jadi horang kayahhhh. Nggak deng, itu lebay. Pokoknya jumlahnya itu sekitar 4 kali lipatnya dari uang jajan roommate saya yang orang Korea perbulannya. Lumayan...

Asrama BTL buat mahasiswi


Makannya makannya? Masalah makan, saya ditawarin ikutan kafetaria sekolah. Tapi saya pilih buat nggak ikutan. Kenapa? Dulu sih pikiran saya takutnya banyak menu yang nggak bisa saya makan. Saya kan muslim, jadi ngga makan babi. Tapi saya bersyukur juga sih ga ikutan kafetaria. Kenapa? Ih, nanya mulu. Karena saya baik jadi saya jawab ya. Pertama, karena makan di kafetaria sekolah itu ada waktu-waktunya. Breakfast jam 7-9 pagi. Lunch jam jam 11 sampe jam 13. Dan dinner jam 5 sampe jam 7 malem. Di luar jam-jam itu kalau mau makan gimana? Ya nggak bisa, kan udah ada jamnya. Karena saya makhluk kesiangan, jadi pasti rugi dong saya udah bayar tapi ga sarapan. Terus kalau misalkan ada kelas pas jamnya lunch, saya gabisa ambil jatah makan siang saya, gitu juga sama makan malem. Udah gitu, menunya juga udah ditentuin jadi kita nggak bisa milih-milih. Kalau dikasihnya Donkatsu gimana? Yaudah wasalam, harus beli makanan lain, sayang kan uangnya. Loh, kafetarianya bayar toh? Ya bayar lah, jaman gini mana ada yang gratis. Kayak asrama barusan, termasuk living cost. Tapi kalau mau ikutan kafetaria kampus ya bisa, bayarnya sekitar 600 ribu won buat satu semester. Lebih murah, emang. Tapi makan di area kampus juga ngga mahal-mahal banget kok. Khususnya buat 식당 alias Shiktang atau restoran yang ada di area kampus. Sekitar 3000 won per porsinya, dan kita bisa milih menunya. Ayey!

Eh tapi halal nggak? Di Shiktang langganan saya, banyak menu yang bisa dimakan, misalnya Chamchi Bibimbap, Chamchi Albab, atau Sundubu. Kalau ada kata chamci nya itu berarti tuna. Sundubu itu sejenis sop tahu. Jangan dibayangin tahu kayak di Indonesia tapi. Enak kok, tapi pedes. Itu yang udah jelas-jelas halal (karena bahan dasarnya ikan). Kalau ayam gimana? Disini, saya masih makan ayam. Bisa juga makan chicken katsu atau dakgalbi.


Ini sundubu dan banchan (side dishes) nya

Nah, buat post yang ini, segitu dulu ya! Bersambung ke part selanjutnya biar ga kepanjangan...

2 komentar:

  1. Halo!
    Tdnya aku lg cari artikel2 ttg fangirling ke korea dan ketemu blog ini.
    Seru banget bisa ikut program pertukaran pelajar dan tinggal disana. *mauu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai! Iya, disini seru. Saya juga suka fangirling hehe tapi sukanya fangirling drama - datengin filming locations gitu. Kalau fangirling idol disini harus tahan banting nunggu dari subuh sampe subuh kali. Lagian fangirls disini lumayan ganas juga, apalagi kalau ketemu sasaeng fans hihi

      Hapus