Senin, 11 November 2013

One Day Princesses

Sebelum saya menginjakan kaki di tanah Korea, saya pernah kontak-kontakan sama orang Korea, anak sekolahan gitu, tapi bahasa Inggrisnya bagus. Namanya Park Juyong. Dulu kan saya lagi excited-excitednya sama segala hal tentang Korea, dan kebetulan si Juyong ini entah kenapa menaruh minat juga sama Indonesia. Saya juga, dodolnya, lupa nanya kenapa dia curious sama Indonesia sih. Eh tapi gatau juga sayanya yang lupa atau emang gak nanya karena keasyikan nanya-nanya tentang Korea sih ya...
Nah, intinya si Juyong ini bilang kalau di Korea banyak kafe aneh. Anehnya gimana? ya gak gimana-gimana sih, maksudnya kafe yang ada temanya gitu. Dan tema itu ngga cuma sekedar dekorasi. Yah, beberapa kafe sih ada yang temanya cuma sekedar dekorasi, misalnya Konabeans, yang di dekor dengan nuansa kafe Hawaiian-tropical gitu sementara yang lain, misalnya Goyangi Cafe (Cat cafe) atau Princess Cafe menawarkan servis lain yang berkaitan dengan tema kafe mereka.

Berbekal alamat dari videonya Eat Your Kimchi yang bisa dilihat di sini, saya, Isna, Ratna dan Dainam pergi ke Princess Cafe ini. Gak tau juga sih kenapa si Dainam mau ikut, padahal dia cowok. Terus emang kenapa kalau dia cowok? Ya gak apa-apa juga sih, haha cuma kan kalau ditempat kayak beginian cowok suka bosen gitu yaa.. 



Jadi cafe ini tempatnya ada di wilayahnya Ewha Womans University. Bukan, bukan saya yang salah grammar loh ya. Saya tau kok kalau bentuk jamaknya 'Woman' itu 'Women'. Tapi papan nama di depan universitas ini nulisnya begitu, yaudah saya ikutin aja. Gak sopan kan ganti-ganti nama orang sembarangan. Intinya ini universitas khusus perempuan (meskipun pas kita main ke bagian informasinya, mereka bilang ada juga sih murid cowoknya - tapi itu foreign student). Ewha Womans Univeristy - atau biasa dikenal Idae- adalah universitas swasta paling mahal di Korea (dari segi uang bayarannya). Dalam bahasa Korea, universitas ini namanya 이화여자대학교- Ewha Yeoja Daehakyo. Dan yang masalah 'womans' itu, kalau gak percaya liat foto ini aja sebagai buktinya.

bener kan tulisannya 'womans'...


Nah, emangnya di Princess Cafe ini ada apa sih?

Ada ini!



Yap, kita bisa nyewa baju princess - atau lebih tepatnya sih wedding dress yah setelah pesen minuman yang ada disana. Kita bisa milih gaun mana yang kita suka, terus pake dan foto-foto di kafenya. Dekorasi kafenya juga mendukung kok buat foto-foto. Oh iya, nggak cuma gaun princess aja yang bisa kita sewa. Tapi ada juga hanbok alias baju tradisional Korea. Cuma karena saya udah pernah pake hanbok, meskipun nggak hanbok beneran (yang pake daleman putih, proper chima dan sebagainya), saya dan Isna milih buat pake princess dress aja...



Dress yang disewain ada yang pendek, ada pula yang panjang. Kalau dress yang panjang, hampir semua dress warnanya putih dan nggak berlengan. Kalau dress yang roknya pendek, mirip kayak baju balet gitu sih, warnanya lebih bervariasi. Ada warna pink sama itemnya. Semuanya modelnya tanktop atau kemben. Dan buat cowoknya, ada juga kayak jas gitu disewain, jadi gak perlu susah-susah dari rumah pake formal attire gitu ya...
ini ruang gantinya


Kafe ini juga menyediakan semua aksesori yang lucu-lucu buat dipasang di kepala atau di tangan. Misalnya sarung tangan, atau hiasan rambut besar yang biasanya cuma saya liat di kepalanya puteri bangsawan Inggris. Ada juga mahkota gitu, cuma kalau mahkota harus bilang sama si waiternya. Dekorasi kafenya juga mendukung buat foto-foto dengan baju-baju puteri itu. Ada piano gitu, terus ada juga studio foto kecil-kecilan. Cuma kalau perhiasan, macem cincin, kalung atau gelang itu sih kayaknya emang harus bawa sendiri. Saran saya sih, bawa aja kalung, abis disana saya gak nemu kalung padahal baju saya bentuknya kemben gitu, jadi bagian dadanya keliatan kosong aja. Oh iya, pas kita nyewa baju, kita juga bakalan dipinjemin sepatu gitu, higheels tapi gak tinggi-tinggi banget. Tinggal bilang aja ukuran kaki kita berapa. Ukuran kaki saya kan 39-40, jadi kalau di Korea, ukuran kaki saya 250-255 an... 



abaikan penampakan di belakang..
Terus, ukuran bajunya gimana? Masalah ukuran baju, tenang aja. Jadi, setelah kita milih baju mana yang mau kita pakai, si waiternya bakalan bantuin kita buat pake bajunya. Mbak-mbak nya ini - meskipun jutek - tapi bahasa Inggrisnya bagus. Saya dimarahin mbaknya gara-gara pas dipasangin baju saya nggak bisa diem (saya lupa kalau lagi dikancingin). Soalnya bajunya gak ada ukuran yang fix gitu sih, jadi harus dikancingin pake jarum gitu yang entah gimana cuma mbaknya yang ngerti. Meskipun saya kerempeng, bajunya muat kok sama saya. Ntar baju kita tinggal dimasukkin ke dalem keranjang dan di ambil pas kita udah selesai 30 menit kemudian..



Nah, setelah foto-foto, tentu aja harus bayar ya. Hehe. Buat nyewa baju puteri ini, harganya bervariasi. Mulai dari 10 ribu won (sekitar 100 ribu rupiah) sampai yang paling mahal- dan yang paling bagus, 45 ribu won. Isna pake yang harganya 10 ribu won - dan satu-satunya yang ada lengannya sedangkan saya pake yang harganya 25 ribu won. Di bagian gaun 10 ribu won, ada beberapa gaun yang udah keliatan usang dan ada robeknya gitu. Jadi ada baiknya sebelum milih harus diteliti dulu gaunnya. Kalau pinter milih, bisa dapet yang bagus juga dengan harga murah, kayak punya Isna. Oh iya, sebelum nyewa baju, kita juga diwajibin pesen minuman gitu. Minuman standar kafe gitu sih, saya pesen sejenis green tea latte gitu. Semua minuman harganya 6 ribu won, termasuk mahal untuk ukuran kafe karena biasanya harga green tea latte di kafe lain cuma sekitar 3500-4000 won an. Dan kalau kelebihan dari jangka waktu sewanya, katanya sih ada dendanya. Tapi waktu itu saya waktunya lama tapi gak di denda, mungkin karena kita beberapa kali nanya waktu nya udah selesai apa belum gitu ya hehe.



Nah, jadi, yang mau berkunjung kesini, silahkan datang aja ke Seoul. Naik subway line 2 turun di 이대입구 alias stasiun Ewha Womans University ambil exit nomer 3. Dari situ jalan aja lurus, gausah nyebrang sana sini. Letaknya ada di belokan kedua dari pintu keluar, ada toko yang namanya able+ disitu, terus belok kanan. Letak kafenya ada di ruko yang ada di kanan jalan, tepatnya di lantai dua. Jam bukanya... kayaknya jam 12 deh, soalnya pas kita kesana jam 11 an, kafenya masih belum buka gitu. 

numpang narsis ya...


So, happy being one day princess, girls!

3 komentar:

  1. seneng ya kak bisa jadi princes walo sehari hehe..
    kalo boleh tau kan itu impiannya bisa nerusin ke universitas kyunghee..sekarang kuliah disana apa cuma holiday ke korea??
    hebat ya kalo impiannya tercapai..jd pengen ke korea juga kak hehe..
    postingnya bagus..kakaknya juga cantik..kalo masih dikorea salam buat oppa kang min hyuk nya cnblue ya kak hihi..
    gumawo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe makasih banyak :D
      aku exchange student disini, buat dua semester. Tapi bukan di Kyunghee, aku kuliahnya di Kangwon National University hehe. Iya, cari aja program beasiswa kesini. Worth it kok :) Makasih banyak hehe sering2 berkunjung ke blog yah. Nanti kalau ketemu Minhyuk dikabarin :) hihi

      Hapus
    2. haha situ hebat kak..aku aja punya blog kagak pernah diurus mpe lupa alamat blog nya hehe.. exchange student atau apalah yg penting disyukuri bisa ke korea hihi..jadi pulang ke indo kpn??anak undip kan??masuk undip taon brp kalo boleh tau kak :D

      Hapus