Rabu, 20 November 2013

Lotte World Experience

Halo!
Hari Minggu dua minggu yang lalu, akhirnya kesampaian juga saya jalan-jalan ke Lotte World. Bukan, itu bukan pabriknya permen karet Lotte. Ngga tau sih saya udah pernah ngejelasin apa belum, tapi di Korea, Lotte adalah salah satu waralaba perbelanjaan yang besar. Nggak begitu paham sih dia punya anak usaha dimana aja, tapi yang jelas, Lotte Department Store itu cukup selalu ada di banyak tourism spot di Korea.  Dan Lotte World ini adalah sejenis Amusement Park  alias taman hiburan punyanya Lotte ini. Kayak Dufan di Jakarta gitu lah. Oh iya, ngomong-ngomong di area Seoul ada dua amusement park  yang cukup terkenal. Pertama ya Lotte World ini. Yang kedua namanya Everland. Tapi Everland itu nggak di Seoul sih, dia lebih tepatnya di Yongin, Gyeonggi Province.

Lotte World Entrance


Jadi, ada apa aja di Lotte World? 
Ada.... yah ada permainan-permainan kayak di Dufan gitu. Jujur sih sebenernya saya bukan penyuka amusement park. Soalnya saya gak suka mainan yang ekstrim yang berhubungan sama kecepatan, ketinggian, dan muter-muter. Dan hampir di semua amusement park, mainannya gitu-gitu semua kan? Tapi berhubung saya lagi di Korea dan Lotte World ini salah satu ikon nya Seoul, saya pun memutuskan buat ikut kesini aja.

Lotte World's indoor area. Taken by my Thailand friend.

Lotte World itu ada dua bagian, ada bagian indoor ada juga bagian outdoor. Bedanya apa? Bedanya, kalau di indoor, kalau turun hujan ya nggak keujanan, kalau bagian outdoornya udah pasti keujanan dan kalau panas kepanasan. Hehe. Nggak deng, banyak yang bilang kalau permainan di area outdoor nya itu jauh lebih ekstrim. Seekstrim apa sih kalau saya bilang masih lebih ekstrim Dufan, dan permainannya juga lebih banyak Dufan daripada Lotte World. Ngga tau apa saya yang ngga liat atau gimana yah, tapi paling cuma ada 5-6 permainan ekstrim area outdoornya. Dua diantaranya adalah Gyro Drop, bedanya yang satu ketinggiannya sedang yang satunya lagi tinggi banget. Nah, Gyro Drop yang tinggi itu kalau saya bilang kayak campurannya Rajawali plus Hysteria kalau di Dufan. Terus ada kayak mainan kora-kora gitu, ntar di titik tertingginya kita diputer. Aduh gimana ya jelasinnya susah. Kalau ditanya ekstrim mana.... kayaknya lebih banyak permainan ekstrim di Dufan sih, cuma yang si Gyro sama sodaranya Kora-Kora itu tinggi bangettt dan serem. Tapi yang jelas lumayan mirip lah sama Dufan. Kemiripan yang lainnya adalah saya sama-sama gak berani naik banyak wahana. Apalagi waktu saya main di daerah outdoor, hujan turun. Maklum, autumnya udah selesai dan mau pindah ke musim dingin, jadi banyak hujan.

One of the extreme ride

Kalau di area outdoor ada permainan yang esktrim, bukan berarti di area indoornya permainannya cupu sih. Ada juga beberapa yang cukup esktrim, misalnya Giant Loop, jadi mainannya kayak roller coaster, tapi Loop nya doang, jadi yaudah deh diputer-puter aja disitu. Saya gak berani naik ini meskipun dipaksa sampe ditarik sama Isna. Setelah menunjukkan wajah pucat saya, akhirnya Isna pun nyerah ngebiarin saya pergi. Yeay. Hahahaha. Di area indoornya ada juga sejenis arung jeram, tapi indoor gitu, jadi kayak main arung jeram di gua yang lumayan luas. Dan tentunya nggak sebasah arung jeram yang ada di Dufan. Hehe seru kok, ini salah satu favorit saya selain mainan bumper car yang ada di area outdoor. Soalnya nggak terlalu cepet, ngga tinggi dan ngga muter-muter. Ada juga mainan Kora-kora, indoor. Ada rumah hantu juga, dimana kalau masuk rumah hantu itu ada biaya tambahannya 3ribu won. Di dalem rumah hantu itu kita ditakut-takutin plus dikaget-kagetin sama hantu gitu. Gak ada pocong kok, hantunya hantu-hantu Western gitu meskipun tetep aja buat saya itu serem. Eehehe. Disini tas saya ditarik-tarik segala (ini hantu apa copet) yaudah terus saya tarik tangan temen saya yang jalan di depan.  Tapi, yang harus dicoba di Lotte World ini adalah mainan balon udaranya. Kita bisa ngeliat bagian indoor Lotte World itu sambil naik balon udara. Ngga balon udara beneran sih, pake mesin balon udaranya. Tapi ya itu keistimewaannya Lotte World yang ngga saya temukan di tempat lain.

Did you see the hot air balloon?

Oh iya, di area indoornya ini ada juga Trick Eyes Museum loh. Ya koleksi gambarnya sih ngga sebanyak dan sekeren trick eye museum yang ada di Hongdae, tapi lumayan kok. Seengganya mereka punya beberapa gambar yang jadi ikonnya setiap museum trick eye. Apa itu? Liat aja di foto bawah ini...

foto sayap sayapan!

Ada juga sih satu rumah hantu area outdoornya. Temen-temen saya pas masuk ke lorongnya udah pada teriak-teriak ketakutan aja padahal gak ada apa-apa. Ternyata lorong itu nyambung ke studio film 3D dimana semua mata langsung tertuju pada kita gara-gara temen saya yang teriak-teriak itu. Di dalem, kita cuma dipakein kacamata abis itu nonton film 3D tentang kucing yang masuk ke rumah hantu. Iya, kita nontonnya dari sudut pandang di kucing.... Dan nggak serem sama sekali ...

Karena waktu itu saya perginya pas weekend, tepatnya hari Sabtu, banyaaakkkk banget orangnya. Jadi ngantrinya panjang-panjang. Kayak di Dufan, Lotte World juga menawarkan fasilitas Magic Pass, jadi bisa langsung naik tanpa antri. Tapi yaaaa itu, mirip juga sama Dufan. Mirip mahalnya. Jadi kita nggak beli deh.

So many people~

Sekitar jam 7 apa 8 malem, kita disuguhin sama parade gitu. Dulu juga di Everland gitu sih, ada paradenya. Dan tokoh-tokohnya kebanyakan orang Asing yang cantik dan ganteng-ganteng. Waktu itu temanya tentang Christmas. Jadi ada Santa Claus nya, sampe ada boneka salju nya juga. Couple lagi. Lucu bannget deh. Terus pas paradenya jalan-jalan, Lotte Worldnya jadi dibikin bersalju gitu... entah gimana darimana salju-salju itu datengnya. Tapi bagus. Terus kan ada stage gitu ya, di stage itu mereka nampilin berbagai macem performance. Waktu saya dateng, mereka nampilin Cinderella.

the stage performance

Nah, bagi yang mau ke Lotte World, gampang kok. Naik subway aja, line 2 turun di Jamsil station. Ntar ambil exit 3 dari situ lurus aja gampang ketemu kok gerbang Lotte Worldnya. Nah, setelah masuk gerbangnya, kalian bakal disambut saya department store. Jangan kaget, kalian gak nyasar kok. Ntar di dalem naik lift aja sampai lantai 4. Di lantai 4 situ lah kita bisa beli tiket masuk Lotte Worldnya.

Harga tiketnya berapa? Normalnya, buat one day pass nya adult itu 44 ribu won atau sekitar 440ribu rupiah. Kalau anak-anak sekitar 28 ribu won gitu. Nanti disitu ada macem-macem pilihan tiket, dengan bahasa Inggris kok, jadi lumayan bisa baca. Nah, karena saya punya student card plus bayarnya pake kartu Bank Shinhan, harga tiket yang awalnya 44ribu itu jadi cuma 28ribu buat one day pass. Lumayan kan? Tapi yang lebih lumayan lagi itu Isna, dia dapet one day pass dengan harga 12 ribu won saja. Kenapa? Karena dia punya kartu bank Shinhan yang khusus plus student card. Jadilah dia diskonnya gede.

ala ala disneyland~

Sekedar tips, kalau mau ke Lotte World, asiknya jangan weekend sih kalau mau naik banyak permainan (kayaknya ini tips buat semua amusement park ya). Soalnya banyak orang, dan abis waktu buat ngantri. Dan yang kedua, bawa bekal soalnya makan di dalem Lotte World lumayan mahal. Meskipun banyak restoran, tapi yaaa ada baikanya kita bawa perbekalan sih kalau mau repot. Yang keempat, sebelum masuk, cari park guide nya, karena lorong-lorong di Lotte World ini cukup complicated. Kalau waktu itu si Yeonil gak ngasi tau dimana letaknya area outdoor mungkin kita ga bakal kesana. Dan sayangnya, Dainam baru nemuin kalau ada underworld, alias area lain dari Lotte World pas kita udah mau pulang. Disitu deh saya sadar pentingnya Park Guide ini. Dan ada beberapa informasi yang ngga dijelaskan di park guide nya. Misalnya, waktu Isna dan yang lain pada mau naik kora-kora yang ada di dalam ruangan, ternyata ada dua macem antrian. Antrian pertama, itu antrian normal dimana kita bisa milih bangku di permainan tersebut, tentu aja, bangku yang duluan penuh itu bangku-bangku yang ada di ujung-ujung kora-kora sementara bagian tengahnya agak leluasa. Nah, antrian kedua itulah yang bertugas mengisi bangku yang kosong yang ngga dipilih sama antrian pertama. Ngga tau sih ini berlakunya di permainan itu aja apa ada yang lain juga. Informasi ini di dapet dari Yeonil yang nanya - entah sama siapa- dengan bahasa Korea tentunya. Yang keempat, pergilah bersama orang-orang yang menyenangkan. Hehehe. Ini sih gak perlu dijelasin lebih lanjut yaaa.



Terus kalau ditanya seru mana sama Dufan, saya bilang lebih seru Dufan. Cuma Lotte World lebih bagus aja. Tapi gak tau juga sih yah, kan saya bukan penikmat amusement park. Tapi tenang aja, Lotte World layak kok buat dikunjungin ~ seengganya, jadi spot foto yang bagus selama jalan-jalan di Korea! Ehehe

Bonus:

ini geje sih fotonya, tapi suka aja. hahaha

P.S: Several photos are taken from my Thailand friend facebook, Namtoey Supitcha. It was raining and cold so I was lazy to take of my camera and took photo. Fortunately, she captured a lot of things that I have to capture to put it to my blog. Thank you Supitcha!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar