Minggu, 13 April 2014

@IndoMengglobal




Banyak pelajar Indonesia yang punya keinginan untuk melanjutkan studinya ke luar negeri. Mulai dari motivasinya sekedar pengen jalan-jalan keluar negeri sampai yang benar-benar pengen membawa dampak yang baik bagi Indonesia setelah mereka pulang nanti. Akun bertajuk beasiswa memiliki ribuan follower, informasi tentang beasiswa luar negeri selalu direspon dengan cepat. Melihat antusiasme pelajar Indonesia yang mengejar pendidikan seperti ini, apa rasanya tidak bangga ?

Meskipun teknologi informasi sudah berkembang dengan pesat, sebagian orang mungkin belum paham betul bagaimana memanfaatkannya dengan maksimal. Di zaman yang bahkan ketika kita mengetik 'How to look like Ariana Grande" di kolom pencarian Google pun sudah memberikan sugestinya, masih ada orang-orang yang me-mention akun-akun beasiswa dengan pertanyaan "Minta beasiswa S1 Politik di Amerika".  You'd better place that question as Google's keywords, darling. Bahkan sebelum selesai mengetik 'beasiswa' dijamin Google sudah punya sugestinya. Ups, Ego Trap. 

So

Anybody knows about @IndoMengglobal ?


source : https://twitter.com/IndoMengglobal


Akun IndoMengglobal - yang selanjutnya saya singkat IM - adalah akun twitter yang harus banget di-follow bagi orang-orang yang ingin memperluas wawasan global serta berkeinginan untuk studi di luar negeri. IM adalah sebuah platform diskusi dan sumber informasi aplikasi beasiswa pendidikan luar negeri. Saya sendiri baru memfollow akun ini sekitar tiga bulan yang lalu, tapi saya bisa bilang kalau saya bikin list tentang Top 5 Account That I Have to Stalk Everday , saya jamin bahwa akun IM nggak bakal keluar dari top  3

Menurut saya, akun ini informatif sekali. Kaya informasi. Tentunya informasi yang diberikan oleh akun ini tidak sama dengan informasi yang diberikan akun @InterestingFact atau @NatGeoIndo. Lewat akun ini kita diajak untuk membuka mata akan kesempatan untuk bersekolah di luar negeri yang bisa kita dapatkan. Seringkali, IM mengadakan sesi diskusi bersama pelajar-pelajar Indonesia yang berhasil menembus perguruan tinggi ternama di dunia seperti MIT, Harvard, Yale, sampai University of Tokyo. Tidak hanya wawancara via twitter, tapi juga beberapa kali IM menggelar sesi seminar dengan pembicara-pembicara tersebut.  Gimana itu nggak bikin iri, kan ? 

Jangan harap IM bakal membalas pertanyaan 'Minta beasiswa S1 Politik di Amerika' mu dengan link langsung ke postingan beasiswa itu sendiri. Harus kita yang proaktif jemput bola. Meskipun IM berperan sebagai yang menggelindingkan bola, bukan berarti bola itu akan langsung mengarah kepada kita. Ada banyak penjemput-penjemput bola lain yang lebih aktif daripada kita, yang siap menangkap bola dengan persenjataan mereka.

Bulan Mei ini, IM akan menggelar program yang bernama IM Mentorship. Sebanyak 30 orang yang terpilih akan dilatih oleh para mentor dari IM - yang tentunya tidak perlu diragukan lagi pengalamannya - untuk berburu beasiswa. Programnya keren banget kan? Rasanya kata 'super-cool' nggak cukup untuk mem-praise kreator dari program ini. I have marked my calendar, tidak sabar kapan pendaftarannya bakalan dibuka. Dan tentunya tidak lupa berdoa, semoga saya bisa termasuk dalam 30 orang yang terpilih itu. 

Saat ini, IM Mentorship sedang menggalang dana. Buat apa ?  Banyak dari pelajar Indonesia yang menemui masalah finansial ketika mereka sedang mempersiapkan aplikasi ke universitas di luar negeri. Tentunya penggalangan dana ini bukan buat membiayai tuition fee ya. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu para mentee untuk mempersiapkan lamarannya - seperti untuk test TOEFL, GRE, SAT yang mungkin tidak affordable buat para mentee. Meskipun saya belum tentu terpilih untuk jadi mentee di IM Mentoring ini, saya ingin membantu menyebarluaskan informasinya, siapa tau ada dermawan-dermawan di luar sana yang ingin menyumbang, ikut berkontribusi untuk bibit bibit cemerlang Indonesia yang siap dilahirkan! 

Bagi yang ingin berkontribusi, bisa dibuka di laman ini
Bagi yang ingin membaca kisah-kisah inspiratif tentang pelajar-pelajar Indonesia yang berhasil mendapatkan beasiswa di luar negeri, bisa dibuka di laman ini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar