Sabtu, 17 September 2011

housing in kyunghee university

halo halo halo

Hari Sabtu di kawasan Banyumanik deket-deket Tembalang dengan kondisi cuaca yang nggak jelas. 

Saya kan udah janji ya mau nyeritain fasilitas- fasilitas atau segala sesuatunya tentang Kyunghee. Dan sekarang, yepp saya mau nyeritain tentang housing dan library nya Kyunghee University ini.
Well, perlu diingat kalau saya bukanlah mahasiswa Kyunghee University meskipun saya berharap bisa melanjutkan studi S2 saya, ngambil gelar MBA di Kyunghee. Bukan Married By Accident lho ya, tapi Master of Business Administration. Saya ibaratnya cuma sebagai translator dari website Kyunghee University yang bisa dicek sendiri di . Website nya ditulis dalam bahasa Inggris, bisa juga dalam bahasa Korea. Saya cuma bantuin aja para dear readers yang ingin tahu lebih banyak tentang Kyunghee University, almamater Cho Kyuhyun ini. 

Seperti yang udah dijelasin dalam post sebelumnya, Kyunghee ini punya dua kampus. Yang pertama adalah Seoul Campus yang tentu saja terletak di Seoul, dan Global Campus yang terletak di Suwon. Lagi-lagi cuma sebagai tambahan, departemen Cho Kyuhyun, Post modern music itu berada dibawah College of Art and Design yang terletak di Global Campus, Suwon. 

Nah, untuk itulah Kyunghee juga menyediakan beberapa fasilitas 'housing' atau perumahan tempat murid-muridnya tinggal. Bisa murid yang memang asli orang Korea, maupun mahasiswa Internasionalnya. Berikut adalah ulasan mengenai housing yang ditawarkan sama Kyunghee ini. 

Sameuiwon Complex

Sameuiwon adalah 'housing' yang terletak di dalam Seoul Campus Kyunghee. Bentuknya Sameuiwon itu seperti kompel asrama yang bisa menampung sekitar 392 murid, baik murid lokal maupun internasional. Satu kamar berisi hingga empat orang. Sameuiwon dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur, lemari, meja belajar, AC, jaringan LAN, dan telepon.

Sehwawon Dormitory

Sehwawon ini nampaknya lebih 'mewah' daripada Sameuiwon. Dana untuk membangun Sehwawon ini setengahnya berasal dari pemerintah Korea. Kelebihan Sehwawon daripada Sameuiwon adalah, setiap kamar di Sehwawon dilengkapi dengan toilet dan tempat cuci tangan. Sehwawon ini dapat menampung sekitar 432 orang. Setiap kamar dihuni oleh 2 orang.

Sehwawon Dormitory


I-House I&II

Nah, kalao I-House ini lebih wah lagi daripada Sameuiwon atau Sehwawon. Meskipun hanya memiliki 25 kamar yang digunakan oleh dua orang per kamarnya, namun tiap kamar di I-House ini dilengkapi dengan fasilitas seperti tempat cuci piring. kompor listrik, mesin cuci, toilet, lemari baju, rak sepatu, kursi dan meja belajar. Di lantai dua I-House ini juga dihiasi dengan air mancur, lho. I-House ini dihuni oleh sekitar 48 mahasiswa asing dengan dua orang penjaga. Penghuni I-House ini juga bisa menggunakan internet selama 24 jam penuh ! 

Off- Campus Housing - tempat tinggal di luar kampus
Sebenarnya tempat tinggal di luar kampus (kost) banyak tersebar di Korea, terutama di daerah 'suburb' Untuk pembayarannya, ada bermacam-macam alternatif seperti : 

Cheon-se
Sistem Cheonse ini awalnya lebih banyak digunakan oleh orang lokal Korea, tapi sekarang-sekarang ini juga banyak mahasiswa yang menggunakan sistem Cheonse. Sistem Cheonse ini caranya, kita mendepositkan sejumlah uang dimuka kepada sang pemilik rumah dalam jangka waktu sewa tertentu, jadi kita nggak perlu bayar lagi perbulannya. Nanti deposit yang telah kita berikan akan dikembalikan kalau jangka waktu sewa kita udah selesai. 

Wolse
Sepuluh sampai dua puluh kali uang sewa di depositkan di awal masa sewa. Tapi tiap bulannya kita masih harus bayar uang sewanya. Nanti diakhir masa sewa, uang deposit tersebut akan dikembalikan.

Wolse 2
Kalau dalam sistem ini, kita nggak perlu mendepositkan sejumlah uang pada sang pemilik. Sistem ini kaya kita bayar uang kos setiap bulan, cuma perlu ngasih uang muka aja. Nggak heran sistem ini banyak dipakai sama mahasiswa asing, terutama di daerah-daerah seperti Ittaewon, Hannam-dong, Seongbuk-dong.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar